Hatta: Pemerintah Tunda Pembatasan Bbm Subsidi 1 Mei!



Hatta: Pemerintah Tunda Pembatasan Bbm Subsidi 1 Mei! [ www.BlogApaAja.com ]
Add caption
Menko Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan, kebijakan pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi belum bisa diterapkan tanggal 1 Mei mendatang.

"Untuk pengendalian BBM bersubsidi itu belum diputuskan. Saudara kan tahu tidak mudah kalau pemerintah bicara soal BBM. Acapkali kalau kami bicarakan pure ekonomi, masih dianggap bicara politik," tegas Hatta selaku Ketua Umum PAN kepada wartawan usai membuka Pelatihan Wirausaha MAPAN (Maju Bersama PAN) di gedung WTC Surabaya, Minggu (29/4/2012).

Menurut Hatta, kebijakan pengaturan BBM bersubsidi memerlukan persiapan dan sosialisasi yang memadai, agar masyarakat tidak panik terkait rencana ini. "Mudah-mudahan bulan Mei nanti, konsep kebijakan sudah selesai. Nanti kalau sudah disiapkan matang, pemerintah akan mengumumkan pada pertengahan Mei 2012," tukasnya.

Dia mengatakan, yang terpenting pemerintah serius untuk menyiapkan kebijakan tersebut, yang dilakukan dalam upaya menjaga kuota BBM bersubsidi sebesar 40 juta kiloliter. "Yang terpenting pemerintah serius, walaupun apa yang diterapkan tentu ada kontroversialnya dan menimbulkan pro kontra di tengah masyarakat. Tapi pengendalian tetap dilakukan, kalau tidak, subsidi malah bisa membengkak," tuturnya.

Dia menambahkan, pemerintah masih mengkaji berbagai opsi kebijakan untuk melakukan pembatasan BBM bersubsidi. "Dari opsi yang tersedia, kita cari yang mudharatnya (keburukan, red) paling kecil," pungkasnya.

Opsi pembatasan antara lain berupa pelarangan penggunaan BBM bersubsidi bagi mobil dinas pemerintah, mobil pribadi dengan kapasitas silinder mesin mobil (cylinder capacity/cc) di atas 1500 CC, dan pengaturan penjualan BBM bersubsidi di daerah-daerah elit.


Follow On Twitter